Kamis, 06 April 2017

Analisa perbandingan ojek online




             Halo semua, pada kesempatan kali ini saya akan membuat perbandingan antara 3 layanan ojek online di Indonesia yakni, uber, gojek, dan grab. Saya akan membuat perbandingan berdasarkan system, harga, software dan lain2. Perlu diingat, kita tidak mencari mana yang terbaik, tapi hanya sebgai perbandingan saja, Yuk simak perbedannnya :D


Go-Jek

Para customer Go-jek  memang dimanjakan dengan banyaknya layanan yang tersedia pada aplikasinya ketimbang ojek online yang lain, bermacam – macam warna dan jenis layanan mewarnai interface dari aplikasi gojek ini, bukan hanya layanan ojek, tetapi bermacam-macam layanan lainnya yang siap melayani customer, tapi yang akan kita bahas kali ini hanyalah layanan ojek motornya saja, mungkin di lain kesempatan kita bias membahas yang lainnya. 

saya membandingkan cara memesan ojek dengan 3 aplikasi yang berbeda ini dengan jarak yang sama, dan berikut adalah cara saya memesan di go-jek 




Dari Gambar diatas apa yang saya rasakan tentang aplikasi ini adalah:
- Interface yang berwarna, sangat mudah dan tidak rumit
- tertera jarak dan harga yang jelas pada saat pemesanan
- harga 6000 untuk 1 km
- adanya konfirmasi feedback saat kita membatalkan pesanan
- penentuan lokasi jemput yang sangat praktis


Grab  

  Grab Memiliki layanan yang banyak, tapi tidak sebanyak Go-jek, perbedaan pada aplikasinya adalah grab langsung mengakses map dan menentukan layananya di bawah dengan cara menggesernya, berbeda dengan go-jek yang menentukan layanannya terlebih dahulu barulah menuju ke map. interface dalam aplikasi ini sangatlah sederhana dan memudahkan customer dalam memesan ojek.

berikut adalah cara saya memesan ojek menggunakan aplikasi grab:




             Demikian adalah pemesanan grab dengan jarak yang sama seperti sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa :
             - Interface lebih sederhana
             - Harga 5000 untuk 1 km
             - Tidak menampilkan jarak perjalanan saat pemesanan (dalam km)
             - Tidak adanya konfirmasi feedback saat membatalkan pesanan.
             - bagi orang yang baru pertama memakai aplikasi ini, mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lokasi tujuan

           
       UBER

             Interface pada uber memiliki cara memesan yang hampir sama dengan grab, atau bisa di bilang, to the point. perbedannya adalah, layanan yang tersedia tidak sebanyak gojek dan juga grab.


dan berikut adalah cara saya memesan uber motor:






Demikian adalah pemesanan grab dengan jarak yang sama seperti sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa :
             - Interface sangat sederhana
             - Harga 5000-5999 untuk 1 km (tergantung arus lalu-lintas dan diskon)
             - Tidak menampilkan jarak perjalanan saat pemesanan (dalam km)
             - Ada konfirmasi feedback saat membatalkan pesanan.
             - Menentukan Lokasi tujuan harus dengan cara diketik, tidak seperti yang lainnya



oke guys itulah perbedaan 3 layanan ojek online yang ada di indonesia, seperti yang saya bilang diawal, saya tidak mencari yang terbaik, saya hanya membandingkannya saja, masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing2, oke guys sekian semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar